Permainan sangat diperlukan dalam kegiatan pramuka. Selain
untuk menghilangkan rasa jenuh dan bosan, permainan dalam pramuka juga bisa
meningkatkan kerjasama tim, melatih kecekatan, melatih kecepatan, dan lain
sebagainya. Berikut ini beberapa permainan dalam pramuka yang dilaksanakan di
lapangan.
sumber: http://adhyasthaprasraya.blogspot.co.id |
1. REBUT DAN RAMPAS
Peralatan : Tongkat
atau sapu lidi untuk tiap anak
Jumlah pemain : Bebas
Waktu : 10 menit
Tujuan : Melatih kecekatan & Melatih kesetiakawanan
Jumlah pemain : Bebas
Waktu : 10 menit
Tujuan : Melatih kecekatan & Melatih kesetiakawanan
Peraturan
Semua anak membentuk lingkaran
dengan jarak kira-kira 1 meter. Semakin ahli, jaraknya dapat semakin jauh. Tiap
anak memegang tongkatnya hingga berdiri tegak di lantai. Bila ada perintah “ya”
tiap anak harus melepaskan tongkatnya dan cepat-cepat menangkap tongkat teman
di sebelah kanannya. Bila tongkat itu sudah keburu jatuh, maka ia dikeluarkan.
Permainan ini sangat menyenangkan
dan dapat bervariasi. Jarak antar anak dapat diperbesar bila anak-anak sudah
mampu, perintah dapat berupa “kiri” atau “kanan”. Bila ingin permainan lebih lama,
maka setelah jatuh 3 kali baru dikeluarkan.
2. PETANI DAN PENCURI
Peralatan : Karet gelang atau tali, kantong kacang,
atau potongan kain atau agar kelihatan sungguhan, sebuah apel.
Jumlah pemain : bebas
Waktu : 8-10 menit
Tujuan : Melatih kecepatan
Peraturan
Anak-anak membentuk lingkaran dan
seorang anak, yang jadi pencuri disuruh keluar ruangan. Selagi ia diluar,
seorang anak ditunjuk sebagai petani. Sebuah benda ditaruh di tengah lingkaran.
Pencuri tadi datang dan berjalan diluar lingkaran. Ia boleh memasuki lingkaran
dari mana saja dan mencuri benda itu. Petani harus menangkapnya pada saat
pencuri menyentuh benda tersebut. Pencuri itu harus lari keluar dari lingkaran
lewat jalan masuk tadi dan ia selamat bila ia dapat keluar tanpa tertangkap.
Bila ia tertangkap maka petani itu harus jadi pencuri dan dipilih petani baru.
3. ARUNG JERAM
Peralatan : Tali besar ( diameter 4-5 cm/
seukuran tali Perahu ).( panjang tali sesuaikan dengan anggota regu yang bermain),
Kedua ujung tali di ikat dengan kuat.
Tujuan : Kerja sama tim, Kekompakan regu, yang
kuat membantu yang lemah, Menetapkan bersama trategi manajemen secara tepat. Menempatkan
diri saat bertindak/ menjalankan tugas.
Peraturan :
1)
Semua
anggota regu duduk melingkar dengan kedua kaki menjulur (selonjor) ke dalam
lingkaran.
2)
Tiap
anggota regu kedua tangannya memegang tali, jarak antar anggota regu 0,5 – 1
meter. Jarak semakin rapat semakin baik.
3)
Semua
anggota regu berupaya untuk berdiri secara bersama-sama.
4)
Saat
mencoba berdiri, kedua kaki/ lutut tidak boleh ditekuk ( Tetap Lurus )
5)
Setelah
dapat berdiri bersama, kemudian berupaya duduk bersama kembali.
6)
Diupayakan
jangan ada peserta yang terjatuh.
4. STICK GOYANG
Alat : Tali Pramuka/ rafia. Tongkat/ Balok/
papan kayu/ Bambu Panjang ( 2- 3 meter Diameter bebas, Aneka Halang rintang.
Tujuan : Menjalin Kerja sama dan toleransi
antar anggota. Belajar saat menerima dan kapan harus memberikan kesempatan
kepada yang lain. Berlatih menghadapi segala rintangan atas asas kebersamaan.
Peraturan :
1)
Tiap
anggota regu berhak memegangi utas tali . boleh sebelah kanan atau kiri
2)
Ditengah
tarikan utas tali, diletakkan balok/ bambu dengan tali dalam kondisi kencang.
3)
Regu
Menempuh suatu perjalanan penuh rintangan dengan jarak bebas.
4)
Regu
dengan waktu tempuh tercepat dan balok/ bambu tidak pernah jatuh itulah yang
terbaik
5)
Rintangan
dapat dibuat sedemikian rupa, sehingga perjalanan membawa balok/ bambu nampak
penuh tantangan. ( Melebar, menyempit, lompat, naik dan turun)
5. BAUT BARISAN
Tujuan : Agar seluruh peserta bisa
berkenalan lebih jauh, fisik maupun sifat-sifat mereka, sekaligus melatih
mereka bekerjasama dalam kelompok.
Langkah-langkah :
1)
Peserta
di bagi dalam 2 kelompok yang sama banyak (bila jumlah peserta ganjil, seorang
pemandu bisa masuk ke dalam salah 1 kelompok).
2)
Pemandu
menjelaskan aturan permainan sebagai berikut :
- Kedua keompok akan berlomba menyusun barisan. Barisan disusun berdasarkan aba-aba pemandu :tinggi badan, panjang rambut, usia dst.
- Pemandu akan menghitung sampai 10, kemudian kedua kelompok, selesai atau belum, harus jongkok.
- Setiap kelompok secara bergantian memeriksa apakah kelompok lawan telah melaksanakan tugasnya dengan benar.
- Kelompok yang menang adalah kelompok yang melaksanakan tugasnya dengan benar dan cepat ( bila kelompok dapat meyelesaikan tugasnya sebelum hitungan ke 10 mereka boleh langsung jongkok untuk menunjukkan bahwa mereka telah selesai melakukan tugas).
3)
Sebelum
pertandingan di mulai bisa dicoba terlebih dahulu untuk memastikan apakah
aturan mainnya sudah dipahami dengan benar.
6. BERCERMIN
Latihan yang menyenangkan ini
digunakan untuk mendiskusikan perasaan dan sikap dalam menuntun dan mengikuti
orang lain. Acara sore yang baik.
Peraturan
1)
Setiap
peserta memilih pasangannya dan berdiri berhadapan dengan tangan ke atas dalam
jarak kira-kira sejengkal. Mereka menirukan gerak pasangannya, layaknya sebuah
cermin, demikian bergantian sesuai dengan keinginan mereka.
2)
Untuk
putaran kedua, pasangan meneruskan bercermin, tapi kali ini kedua tangannya
bersentuhan dengan lembut.
3)
Pada
putaran ketiga, mintalah mereka merapatkan tangan dengan kuat, dan melanjutkan
menuntun mengikuti bergantian.
promo judi pulsa online tanpa potongan kenapa tidak?
ReplyDeleteMari join bersama kami di Pokervita
Agent deposit pulsa tanpa potongan
Info hub
WA:0812 2222 996